PUSAT DATA KONFLIK SUMBER DAYA ALAM

Berita Terbaru

Nestapa Hidup Harimau Sumatera, Diburu hingga Menuju Kepunahan

Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) merupakan subspesies yang masih tersisa di Indonesia. Dua subspesies lainnya yang pernah ada yaitu harimau jawa dan harimau bali dinyatakan telah punah. Tahun 1940-an untuk harimau bali dan 1980-an untuk harimau jawa.

Baca

Ratusan Hektar Hutan Lindung Bukit Betabuh Terbakar

Lebih 200 hektar Hutan Lindung Bukit Betabuh, Riau, terbakar sejak Minggu (9/1/17) hingga Senin sore api terus membara. Kebakaran telah menghancurkan 40 hektar lahan restorasi Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Bukit Betabuh.

Baca

Kriminalisasi Petani, Enam Pengacara Bela Petani yang Dituduh Mencuri Sawit di Kebunnya Sendiri

Kembali terjadi kasus kriminalisasi seorang petani Seluma yang dipenjara karena memanen sawit dikebun yang diklaim miliknya sendiri.

Baca

Program Pencegahan Karhutla di Kubu Raya Terus Dilakukan

Sampai saat ini (19/9), usaha pemadaman kebakaran hutan dan lahan gambut di Kubu Raya dan desa sekitarnya masih terus menjadi sorotan.

Baca

Dua Pembakar Lahan di Kampar Riau Ditangkap

Polda Riau sepanjang 2016 ini telah menetapkan 87 tersangka perorangan pembakar hutan dan lahan. Selain itu, dua perusahaan juga telah ditetapkan sebagai tersangka yakni PT Wahana Sawit Subur Indah (WSSI) dan PT Sontang Sawit Permai (SSP).

Baca

HOT Issue

Conflict Investment Mewujudkan Tata Kelola Sosial yang baik untuk Pencegahan dan Penyelesaian Konflik, Berhubungan dengan investasi yang beretika berbasis sumber daya alam di Indonesia.